Monday 11 January 2016

7 Penemuan Unik Pada Masa Lalu


Kebanyakan orang akan tertawa atau sekadar tersenyum kecut saat melihat barang-barang masa lalu alias jadul. Maklum, ada kalanya benda-benda peninggalan itu dianggap tidak canggih, tidak efisien, atau bentuknya yang lucu.
Tapi terkait ide dasar yang melatarbelakangi, rasanya banyak produk masa lalu yang pantas dikagumi. Selain unik, cerdas, juga menjadi cikal bakal kejeniusan dari benda yang lahir pada masa kini. Seperti apakah benda unik atau bahkan konyol temuan pada masa lalu? Berikut tujuh di antaranya.
1.Koran Fax (1938)

Di belahan bumi, perkembangan koran tak serempak. Jerman menjadi pelopornya, baru diikuti negara-negara lainnya. Di Jerman pada tahun 1400-an, koran berbentuk pamflet atau broadsides. Isinya monoton. Disesaki berita-berita yang menggambarkan perkembangan perang dan segala kepentingannya.
Dua abad kemudian, tepatnya pada 1622, muncul Corantos di Inggris. Bentuknya pamflet berita yang hanya menulis peristiwa-peristiwa penting. Kemudian pada 1666, baru berdiri lembaran pertama koran di London. Sedangkan di Amerika Serikat, koran baru muncul pada 1690.
Meski tak lahir di AS, gebrakan hebat tentang sejarah koran justru mencuat di negara adi kuasa tersebut. Pada 1938 di New York, muncullah koran pertama yang wireless. Koran itu dikirim via fax dari WOR radio station di New York. Hasilnya, bentuk koran memanjang. Unik memang, tapi justru ketika itu langsung menjadi pusat perhatian.
2.Mobil dengan Sekop (1924)

Mobil ini diketahui muncul di Paris, Perancis pada 1924. Pada bagian depan mobil dilengkapi perangkat khusus, bentuknya menyerupai sekop. Sempat mencuatkan polemik tentang fungsi alat tersebut yang sebenarnya mengurangi kenyamanan sang pengemudi. Lebih menyedihkan lagi, keindahan mobil pun jadi merosot.
Setelah diteliti, ternyata perangkat itu dibuat untuk menjaga keselamatan para pejalan kaki. Bukan penumpang, apalagi pengemudi. Maklum, di Paris ketika itu banyak pejalan kaki yang melintas di jalan-jalan yang biasa dilewati mobil-mobil pekerja. Banyak kasus, mereka tertabrak dan mengalami luka. Nah, dengan adanya perangkat tersebut, risiko cedera yang lebih parah bisa ditekan. Ada-ada saja.
3.Jembatan Lipat (1926)

Belanda merupakan negara yang sebagian besar permukaannya berada di bawah laut. Negara pengekspor bunga Tulip itu juga dikenal memiliki banyak kanal atau sungai. Kondisi itu membuat warganya selalu berpikir kreatif soal struktur bangunan. Termasuk, berpikir untuk membuat jembatan penyeberangan yang efektif dan efisien.
Pada 1926 mereka menemukan jembatan unik. Bentuknya tak lazim, yakni berupa gabungan besi yang ukurannya sama dan dipasang secara teratur. Lucunya, jembatan itu bisa dilipat. Itu artinya bisa digunakan dalam kondisi darurat. Bisa dipasang dan dibongkar dalam waktu yang cepat. Kesannya praktis.
4.Ban Dalam untuk Renang (1935)

Hak paten alat-alat untuk berenang, boleh saja milik negara lain. Tapi sejatinya ide dasarnya muncul dari Jerman. Seperti yang ada pada foto sekelompok pemuda Jerman pada 1925. Untuk mengakali agar bisa cepat berenang, mereka menemukan solusi yang cerdas dan unik, yakni melingkarkan “ban dalam” sepeda motor ke tubuh perenang.
Ada tiga atau empat ban yang ditempelkan ke tubuh perenang. Cara memasangnya pun, melingkar. Tidak hanya pada satu sisi. Maka ketika ban itu sudah diisi udara dan menempel pada tubuh, sang pemakai bisa mengambang di atas air dengan mudah. Lagi-lagi, inovasi jitu yang memantik penemuan-penemuan cerdas berikutnya.
5.Sepeda Amfibi (1932)

Sepeda ditemukan oleh warga Jerman yang bernama Baron Karls Drais von Sauerbronn
pada 1818. Meski begitu, ada beberapa pihak yang mengklaim bahwa penemu pertama
bukan von Sauerbronn. Siapa? Mereka juga tak mengenalinya.
Ensiklopedia Columbia memperkirakan, nenek moyang sepeda berasal dari Perancis. Kendaraan roda dua itu mereka muncul sejak awal abad ke-18 dengan nama velocipede.
Secara kebetulan, inovasi berikutnya terjadi pada 1932 di Paris. Mereka menamainya The Cyclomer. Sepeda ini unik lantaran bisa digunakan di darat dan air. Pertanyaannya, jika di darat, apakah sepeda itu nyaman dikendarai? Silakan dicermati.
6. Kamera Pistol (1938)

Bentuk dan ukuran kamera zaman dulu terasa aneh. Biasanya, bodi selalu kotak, ukuran besar dan ada perlengkapan tambahan yang sama-sama menyita tempat saat disimpan. Untuk kamera yang satu ini, ada pengecualian. Bentuknya kecil dan menyerupai pistol. Tepatnya pistol jenis Colt.
Kamera pistol ini dikenalkan di New York pada 1938. Sayangnya, tak dipublikasikan hasil gambarnya pada saat itu. Namun ide pembuatan kamera tersebut cerdas. Hal itu dikarenakan ada inovasi jitu yang bisa melahirkan kamera ringan, kecil, dan mudah dibawa.
7. Mobil Segala Medan (1936)

Sebelum off road menjadi salah satu olahraga otomotif yang menjamur di seluruh dunia, bangsa Inggris sudah mengawalinya. Pada 1936, mereka mengenalkan sebuah mobil yang bisa digunakan di segala medan. Mobil itu memiliki sepuluh roda dengan posisi yang berbeda-beda dan tidak dipasang dobel.
Hebatnya, mobil aneh ini bisa naik dan turun di kemiringan yang tajam. Khusus untuk turun, mobil ini tidak terbalik walau tingkat kemiringannya mencapai 65 derajat. Lantas, kenapa mobil ini tidak diproduksi massal? Sampai saat ini, tak diungkapkan alasannya.

No comments: