Monday 11 January 2016

7 Produk Indonesia Yang Mendunia

PRODUK INDONESIA sering dipandang sebelah mata oleh masyarakatnya sendiri. Opini yang terbangun memag demikian, seolah produk impor memiliki kualitas yang lebih afdol. Lebih parah lagi, konsumen cenderung merasa lebih bangga dengan membeli produk impor daripada produksi lokal. Alasannya, hanya karena berlabel internasional atau high class.

Jika jeli, Indonesia sesungguhnya memliki banyak produk jempolan yang bisa bersaing di pentas dunia. Slogan “Aku Cinta Produk Indonesia” setidaknya telah menyemangati para pengusaha kita untuk membuat produk asli Tanah Air jadi lebih mendunia. Berikut 7 produk Indonesia yang telah diminati di seluruh dunia. 
1. BATIK

Perjuangan untuk mendapatkan pengakuan dunia atas batik sebagai warisan budaya asli Indonesia tidak sia-sia. United Nation Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sudah mengukuhkan tradisi batik sebagai salah satu budaya warisan dunia asli Indonesia pada 2 Oktober 2009 di Prancis.
Perseteruan Indonesia dengan Malaysia memperebutkan hak paten batik merupakan hal tak bisa dilupakan. Malaysia sebenarnya tidak tinggal diam. Mendengar UNESCO akan mengukuhkan batik sebagai warisan budaya Indonesia, Wakil PM Malaysia, Tan Sri Muhyiddin Yassin menyatakan pihaknya akan mempelajari keputusan UNESCO tersebut. Namun hingga kini upaya Malaysia tersebut tidak berhasil.
2. JAMU

Di Indonesia, jamu merupakan warisan herbal yang telah dikenalkan secara turun menurun. Jamu makin digandrungi ketika tren gaya hidup sehat gencar dilakukan masyarakat. Jamu yang awalnya terkesan tidak enak dan kuno, dewasa ini disulap menjadi sesuatu yang menyehatkan, serta praktis.
Menurut data Riskesdas 2013, sekitar 30,4% penduduk memanfaatkan kesehatan tradisional, 49% di antaranya menggunakan ramuan jamu. Hampir semua yang mengkonsumsi jamu menyatakan bahwa jamu bermanfaat bagi kesehatan. Kementerian Kesehatan pun telah menetapkan kebijakan dengan Peraturan Menkes, tentang Saintifikasi Jamu dalam Penelitian Berbasis Pelayanan Kesehatan. Tujuannya untuk memberikan landasan ilmiah (evidence based) penggunaan jamu secara empiris melalui penelitian berbasis pelayanan kesehatan.
3. RENDANG


Indonesia patut bangga karena makanan olahan daging asal Sumatra Barat ini menjadi urutan teratas dalam makanan terlezat di dunia (World’s 50 Most Delicious Foods). Hasil ini berdasarkan survei stasiun berita CNN, yang dimuat di situs CNNGo. Survei itu dihimpun melalui akun CNN di situs jejaring sosial Facebook.
Selain dinobatkan sebagai salah satu makanan terenak di dunia, rendang juga dinobatkan sebagai makanan “The Most Balanced Food” dalam acara LA Travel & Adventure Show, sebuah pameran travel terbesar di Amerika yang digelar pada 14–15 Januari 2012 di Los Angles, AS. Alasannya, rendang merupakan masakan yang paling enak dengan komposisi rasa yang lengkap.
4. BULU MATA PALSU
Aksesoris yang berfungsi unuk menunjang penampilan kaum hawa ini memang mengambil peranan penting untuk mempercantik mata. Siapa sangka Purbalingga merupakan tempat penghasil bulu mata kelas dunia. Tidak tanggung-tanggung, bulu mata buatan Purbalingga ini kerap dipakai oleh artis dunia seperti Madonna, Katy Perry, dan masih banyak lagi.
”Bicara bulu mata, hampir semua yang beredar di Amerika Serikat, Eropa, hingga Afrika berasal dari Purbalingga, meski kemudian diberi merek oleh perusahaan rekanan di sana,” ujar Audrie Sukoco, Presiden Direktur PT Bintang Mas Triyasa, pabrik bulu mata di Kelurahan Mewek, Kecamatan Purbalingga.
5. ALFALINK


Berangkat dari hobi Shian Yu belajar bahasa asing, ia menyetujui saran temannya untuk berbisnis kamus elektronik 23 tahun silam. AlfaLink, pionir kamus elektronik bahasa Indonesia itu, telah berkembang luas hingga ke mancanegara. Mereka mendirikan kantor cabang di Singapura, Kuala Lumpur, Hong Kong, Taiwan dan Los Angeles.
Salah satu seri terlengkapnya hadir di model EIC-1430TTX yang menawarkan kemampuan utama sebagai kamus 66 bahasa populer di dunia. Database bahasa yang tersedia pun melingkupi koleksi populer kamus Oxford dan Comet.
6. AIRBRIDGE
Mungkin nama ini asing di telinga, tapi anda mungkin sudah sering menggunakannya. Airbridge atau dengan bahasa Indonesia disebut dengan tangga belalai atau garbarata, adalah tangga yang digunakan saat penumpang pesawat akan menuju pintu pesawat. Ternyata, Airbridge yang banyak digunakan di bandara-bandara di dunia ini, pertama kali dibuat oleh PT. Bukaka di Indonesia.
7. SEPEDA POLYGON


Para pecinta olahraga bersepeda pasti tidak asing dengan nama satu ini. PT. Insera Sena, produsen sepeda internasional asal Sidoarjo, Jawa Timur, mulai mengekspor sepeda Polygon produknya ke Singapura, Malaysia, dan Australia.
Kini, Polygon juga banyak dipercaya oleh pesepeda pro untuk dijadikan sebagai kendaraan yang mereka pakai ketika berlaga dalam kejuaraan sepeda bertaraf internasional. Hal ini membuktikan jika kualitas produk Indonesia memang perlu diperhitungkan.

No comments: